Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kriteria
atau prinsip atau komponen penting dalam suatu perusahaan khususnya di bidang bisnis
informatika yang menjadikan perusahaan tersebut dapat dibilang baik atau sukses
mencapai kemajuannya.
Dalam menjalankan suatu perusahaan bisnis tentu banyak
sekali resiko bisnis yang akan memberikan kerugian baik dari segi material atau
non-material. Namun bila berhasil maka akan memberikan keuntungan dan
kesejahteraan bagi pemiliknya. Agar terhindar dari resiko bisnis maka bisnis
harus dijalankan dengan tepat dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan
yang serius dan mantap.
Pada perusahaan bisnis terdiri atas beberapa komponen
penting yang saling mendukung dan melengkapi. Bila salah satu komponen gagal
maka akan mengganggu komponen lain. Berikut adalah komponen-komponen tersebut:
- Manajemen, yaitu bagian yang merencanakan, mengelola, dan menjalankan bisnis. Komponen ini bisa disebut sebagai backend yaitu komponen yang berada di belakang layar.
- Kekuatan brand atau image, yaitu karisma, kekuatan emosional yang dimiliki oleh perusahaan dan merupakan pandangan/perasaan masyarakat terhadap perusahaan atau produk.
- Produk atau Layanan, komponen yang dijual atau ditawarkan kepada pasar. Komponen ini bisa disebut sebagai front end karena komponen ini berada didepan. Komponen inilah yang berhadapan dengan masyarakat.
- Partner, yaitu pihak yang ikut membantu dalam menjalankan bisnis.
- Pelanggan, yaitu pihak yang akan menerima tawaran atau membeli produk dan layanan yang ditawarkan.
Dari kelima komponen tersebut, komponen manajemen lah yang
paling utama dan penting. Manajemen suatu perusahaan adalah nyawa dari suatu
perusahaan. Manajemen yang menentukan pertumbuhan atau kebangkrutan suatu
perusahaan. Dengan adanya suatu pengelolaan dan manajemen yang baik maka suatu
perusahaan akan mampu bertahan dari segala tekanan, kendala, dan rintangan yang
ada. Bahkan akan berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik lagi.
Dalam mengelola perusahaan maka ada prinsip dan standarisasi
dimana hal-hal tersebut akan sangat membantu perkembangan perusahaan bila
diterapkan dengan baik. Berikut adalah beberapa prinsip dan standarisasi yang
diharapkan mampu mendukung kemajuan dan perkembangan suatu perusahaan:
1. Perancanaan
yang Matang
Dengan
melakukan perencanaan dan perancangan perusahaan secara matang maka perusahaan
akan siap menghadapi berbagai kendala dan rintangan karena telah diperhitungkan
sebelumnya.
2. Sumber
Daya Manusia yang Berkualitas, Loyal, dan Sejahtera.
Sumber
daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan kunci penggerak perusahaan.
Dengan adanya SDM yang mampu menggerakkan perusahaan dengan baik maka suatu
perusahaan akan mampu berkembang dan melakukan bisnisnya dengan efektif dan
efisien.
3. Manager
yang Terbuka, Tegas, dan Demokrat
Kepemimpinan
seorang manager merupakan penunjuk jalan yang benar bagi perusahaan. Mereka
adalah nakhoda kapal yang akan menentukan apakah perusahaan akan mencapai
tujuan atau tidak.
4. Lingkungan
Kerja yang Nyaman dan Mendukung
Seorang
pekerja menghabiskan hampir setengah hidupnya dalam sehari berada di kantor.
Sehingga kantor merupakan tempat kedua setelah rumah yang menjadi tempat
terlama dimana pekerja berada. Untuk itu lingkungan kantor yang nyaman,
kondusif, dan mendukung pekerjaan mutlak diperlukan.
5. Terbuka
dan Selalu Belajar
Perkembangan
dunia bisnis begitu cepat. Begitu banyak bidang yang mendukung suatu bisnis
misalnya bidang teknologi informasi. Begitu banyak perubahan yang terjadi
diluar perusahaan, karena itu kita tidak boleh tertutup dan harus berusaha
menerima perubahan yang ada. Dengan selalu mempelajari perubahan dan
perkembangan maka suatu perusahaan akan dapat bersaing dengan perusahaan lain
dan tidak tertinggal oleh tren dan perkembangan yang terus berjalan.
SUMBER :
http://www.thinkrooms.com/2008/03/03/manajemen-bisnis-prinsip-dan-standarisasi-manajemen-perusahaan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar